Pages

Sabtu, 01 Juni 2013

china juara untuk ke 9 kalinya

 

Piala Sudirman 2013

China Juara Piala Sudirman ke-9 Kalinya

Muhammad Indra Nugraha - Okezone
Browser anda tidak mendukung iFrame
Minggu, 26 Mei 2013 15:40 wib
Chen Long wakil China di Tunggal Putra. (Foto: Reuters)
Chen Long wakil China di Tunggal Putra. (Foto: Reuters)
KUALA LUMPUR  - China berhasil menumbangkan Korea Selatan di babak final Piala Sudirman 2013 lewat skor 3-0, Minggu (26/5/2013). Kemenangan ini membuat China meraih gelar juara di ajang ini untuk kesembilan kalinya.

Pada pertandingan yang berlangsung di Putra Stadium, China berhasil meraih poin pertamanya di kelas ganda campuran lewat pasang Xu Chen/Ma Jin. Hanya butuh dua set bagi Xu/Ma untuk menumbangkan pasangan Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Kim Ha-na.

Xu/Ma memastikan kemenangannya lewat skor 21-13 21-15 dengan waktu 37 menit saja. China melanjutkan kemenangannya di kelas tungga putra dengan menurunkan Chen Long yang sukses menyingkirkan Tommy Sugiarto di babak perempatfinal.

Pada babak final kali ini, Chen Long berhadapan dengan Lee Dong-keun. Hanya butuh waktu 47 menit bagi Chen Long untuk merubuhkan Dong-keun lewat dua set saja dengan skor akhir 21-15 21-10.

Kepastian kemenangan China didapatkan lewat ganda putra Liu Xiaolong/Qiu Zihan yang melawan pasangan Ko Sung-hyun/Lee Yong-dae. Dalam waktu 45 menit Liu/Qiu berhasil memenangkan pertandingan lewat skor 21-19 21-17.

Dua pertandingan sisa pun menjadi tak berarti bagi Korea Selatan. Dengan skor 3-0 ini, China berhasil menjadi jawara bertahan dan mendominasi turnamen ini dengan gelar kesembilan atau atau kelima secara beruntun di Piala Sudirman.

Indonesia yang baru pertama kalinya tersingkir di perempatfinal, baru mengumpul satu gelar juara pada 1989 dan enam kali menjadi runner-up. Korea Selatan sendiri berada di posisi kedua dalam turnamen dua tahun sekali ini dengan perolehan tiga gelar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar